Dapatkan Promo Menarik Bulan IniDapatkan Promo Menarik Bulan IniDapatkan Promo Menarik Bulan Ini
Beranda » Sahabat Daihatsu » Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps

Dipublish pada 3 Mei 2022 | Dilihat sebanyak 2.765 kali | Kategori: Sahabat Daihatsu

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps – Kendaraan yang melintas di ruas jalan Jakarta bisa kena sanksi kalau pelat nomor kendaraan tidak sesuai dengan aturan ganjil genap Jakarta yang berlaku. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Google Maps.

Cara setting ganjil genap di Google Maps juga cukup mudah. Pastikan GPS pada perangkat Sahabat aktif dan terhubung dengan koneksi internet. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara setting ganjil genap di Google Maps.

Menentukan moda transportasi

Di dalam aplikasi Google Maps ada beberapa pilihan moda transportasi, seperti motor, mobil, kendaraan umum, transportasi online, sampai pejalan kaki. Kemudian klik ikon mobil agar Google Maps memberi rute sesuai moda transportasi yang digunakan.

Pilih pelat nomor di Google Maps 

Google Maps menyediakan fitur pilihan pelat nomor. Ada ganjil atau genap, Sahabat hanya perlu memilih fitur ini sesuai dengan nomor kendaraan.

Tekan ikon garis tiga di pojok kiri atas. Setelah muncul menu, pilih menu setting. Kemudian cari Navigation Settings, dan di bagian tengah nanti ada pilihan Route Options.

Dalam opsi ini, ada pilihan ‘Avoiding odd plate roads’ atau ‘Avoiding even plate roads’. Untuk pelat mobil ganjil maka centang Odd Plate. Sedangkan Even Plate jika nomor pelat mobil genap. Kemudian klik ‘Save’ untuk menyimpan pengaturan.

Pilihan jalur

Pada saat tanggal ganjil tapi menggunakan pelat mobil ganjil, aplikasi Google Maps akan menunjukkan dua rute sekaligus, yaitu melewati jalur yang dengan peraturan ganjil genap atau rute alternatif bebas ganjil genap.

Google Maps akan menyesuaikan rute perjalanan. Sahabat bisa memeriksa rute jalan yang akan dilalui agar tidak melanggar aturan ganjil genap di Ibu kota.

Memasukkan tujuan seperti biasa 

Jika data ganjil genap kendaraan sudah diinput, Sahabat hanya perlu memasukkan lokasi tujuan. Google Maps akan memberi beberapa rute alternatif yang nyaman untuk dilalui.

Cara ganti pengaturan pelat nomor 

Kalau mau berkendara dengan pelat mobil berbeda, Sahabat tetap bisa mengubah setelan nomor pelat di Google Maps. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Tekan ikon Menu pilihan.
  3. Masuk ke ‘Setelan‘.
  4. Masuk ke ‘Setelan Navigasi‘ (pilihan ini letaknya di bagian bawah).
  5. Tekan ‘Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil genap‘.
  6. Masukkan pilihan pelat nomor ganjil atau genap.
  7. Tekan ‘Simpan‘.

Selama periode pemberlakuan pembatasan pelat nomor, Sahabat hanya akan melihat rute yang bisa dilewati pelat nomor kendaraan yang sudah di setting tadi.

Seperti kita tahu, penerapan sistem ganjil genap di Jakarta bertujuan untuk mengurai kemacetan Ibu kota di jam-jam sibuk. Ganjil genap berlaku pada pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB dan sore 16.00-21.00 WIB. Sistem ini tidak berlaku pada Sabtu-Minggu dan hari libur.

Kebijakan yang tadinya hanya berlaku dengan skema 9 ruas jalan Jakarta, kini diberlakukan perluasan area sebanyak 25 jalan.  Berikut adalah ruas jalan DKI Jakarta yang memberlakukan sistem ganjil genap:

* Jalan Jendral Ahmad Yani dengan permulaan pemberlakuan ganjil genap mulai dari persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan dan berhenti hingga persimpangan di Jalan Bekasi Timur Raya

* Jalan Jenderal S Parman (sebagian). Pada ruas jalan ini diberlakukan peraturan ganjil genap mulai dari ujung persimpangan Jalan Tomang Raya hingga persimpangan di Jalan KS Tubun

* Jalan HR Rasuna Said

* Jalan Jenderal MT Haryono

* Jalan Medan Merdeka Barat

* Jalan DI Panjaitan

* Jalan MH Thamrin

* Jalan Jenderal Sudirman

* Jalan Gatot Subroto

* Jalan Kramat Raya

* Jalan Pramuka

* Jalan Senen Raya

* Jalan Salemba Raya

* Jalan Gunung Sahari

* Jalan Tomang Raya

* Jalan Suryopranoto

* Jalan Kyai Caringin

* Jalan Balikpapan

* Jalan RS Fatmawati (sebagian) diberlakukan dari persimpangan Jalan Ketimun 1 hingga mencapai persimpangan di Jalan TB Simatupang

* Jalan Panglima Polim

* Jalan Gajah Mada

* Jalan Sisingamangaraja

* Jalan Pintu Besar Selatan

* Jalan Majapahit

* Jalan Hayam Wuruk

Lebih lanjut, aplikasi Google Maps memang terus meningkatkan fitur aplikasi peta miliknya sehingga bisa relevan dengan pengguna jalan, termasuk fitur ganjil genap ini yang pastinya bisa mempermudah mobilitas warga Jakarta.

sumber : https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/cara-setting-ganjil-genap-di-google-maps-/

Tags:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

JAJANG NURJAMAN
Sales Executive